Sejarah komputer kita berlanjut, dan mesin waktu kita putar menuju ke tahun 1830, saat bapak Komputer menemukan konsep komputer modern. Siap…berangkat.

Langkah besar perkembangan dalam sejarah komputer berikutnya terjadi pada tahun 1830 saat Charles Babbage memutuskan untuk mengembangkan mesin yang dapat membantunya menyelesaikan dan mencetak tabel matematis. Babbage adalah seorang ahli matematika yang mengajar di Universitas Cambridge Inggris. Dia mulai merencanakan mesin penghitung yang disebutnya dengan Mesin Analitikal. Ide mesin tersebut secara menakjubkan sangat mirip dengan komputer yang kita ketahui hari ini. Sistem kerjanya adalah membaca dari kartu lubang (punch card), menghitung dan menyimpan jawaban dari berbagai masalah kemudian mencetak jawabannya pada kertas. Babbage meninggal sebelum menyelesaikan mesinnya. Namun demikian, karena ide hebat dan apa yang sudah dilakukan, Babbage dikenal sebagai Bapak Komputer.
Langkah besar berikutnya bagi perkembangan dalam sejarah komputer tiba saat Herman Hollerith mengikuti kontes yang diadakan oleh biro sensus Amerika. Kontes tersebut diselenggarakan untuk mencari orang yang dapat mengembangkan mesin untuk menghitung dan mencatat informasi dengan lebih cepat. Hollerith, seorang pemuda yang bekerja di biro itu membuat sebuah mesin yang dikenal sebagai Mesin Tabulasi yang memaca dan mengurutkan data dari kartu lubang. Lubang-lubang dalam kartu tersebut sesuai dengan jawaban orang atas pertanyaan yang diajukan misalnya menikah, belum menikah dan cerai. Tabulator membaca setiap kartu luang saat mereka melalui sikat kecil. Setiap kali sebuah sikat menemukan sebuah lubang, dia mengerjakan sebuah sirkit elektronik. Hal ini akan menyebabkan sistem penghitung khusus menambah data atas jawaban tersebut.
Berkat alatnya itu, proses penghitungan sensus yang semula memerlukan waktu 7,5 tahun dapat dipersingkat menjadi hanya 3 tahun saja. Bahkan dengan 13 juta responden yang ada saat itu. Melihat keberhasilan temuannya, Hollerith mendirikan sebuah perusahaan Mesin Tabulasi tahun 1896 yang kemudian dijualnya pada tahun 1911. Pada tahun 1912, perusahaan tersebut berganti nama menjadi International Busines Machine atau yang sekarang lebih ngetop dengan nama IBM.
Nah, mesin waktu kita sudah menempuh perjalanan sampai awal tahun 1900. Kita sudah mengetahui tentang asal usul Bahasa Pascal, dan salah satu perusahaan besar di bidang komputer yaitu IBM. Pada tulisan berikutnya, kita akan melihat perkembangan sejarah komputer elektrik pertama.