Setelah melihat sejarah komputer yang udah 5000 tahun di pakai di Cina alias sempoa, kita akan mencoba melihat ke waktu yang lebih mudaan. Yaitu pertengahan 1600.
Saat itu Blaire Pascal dan ayahnya yang merupakan seorang petugas pajak, bekerja pada dinas pajak untuk pemerintah Perancis di Paris. Mereke berdua menghabiskan berjam-jam untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar setiap warga negara. Pada tahun 642, Blaise memutuskan untuk membuat mesin penambah dan pengurang yang akan membantu dalam melakukan perhitungan yang sangat menghabiskan waktu tersebut. Mesin yang dibuat Blaise memiliki delapan roda gear yang bekerja bersama mirip dengan prinsip yang dilakukan pada odometer (tau kan, alat yang digunakan untuk menghitung jumlah kilometer yang udah ditempuh mobil atau motor kamu). Sayangnya mesinnya sering mengalami masalah. Masalahnya adalah
  • Sering macet,
  • Lambat dan mahal
  • Orang takut jika penggunaan mesin tersebut akan menggantikan pekerjaan mereka.
Pascal di kemudian hari sangat terkenal akan kemampuannya di bidang matematika dan filosofi, namun masih sangat diingat perannya dalam bidang komputer. Untuk mengenangnya, maka salah satu bahasa komputer yang ada dinamai dengan Pascal.
Asyik kan? OK, pada tulisan bagian ketiga kita akan memutar mesin waktu kita ke tahun yang lebih muda lagi yaitu sekitar tahun 1830. Apa yang terjadi di waktu itu. Ikuti seri berikutnya.