Category: Teka-Teki Logika



Gw gak nyangka kalo 2 + 2 = 5 itu bisa dibuktiin secara matematis! Selama ini lu setuju kan kalo 2 + 2 itu sama dengan 4? Gw akhirnya nemuin rumus pembuktian untuk hal itu! Percaya gak lo…? Baca aja pelan-pelan dan jangan lupa corat-coret di kertas kalo lu emang penasaran!!

  1. Pertama-tama
    Pikirkan angka a. Angka apa aja.
  2. Sekarang bikin angka b.
  3. Angka a harus sama dengan b. Catet tuh: a = b
  4. a*a = b*a. Ya kan? Angkanya sama loh.
  5. Karena angka itu sama di kedua sisi, boleh kan gue kasih sesuatu?
    Nih, a*a – b*b = b*a – b*b. Perhatikan - b*b yang sama di kedua sisi.
  6. Kalo difaktorkan, persamaan kita menjadi (a+b)*(a-b) = b(a-b).
  7. Dari persamaan tersebut, kita bisa “mencoret” angka yang sama, yaitu (a-b), sehingga persamaannya menjadi: (a+b)*(a-b) = b(a-b).
  8. Setelah dicoret, hasilnya menjadi (a+b) = b
  9. Sekali lagi, jika gue kasih angka yang sama di kedua sisi, sama aja kan? Nih dia, (a+b) +3 = b + 3
  10. Sekarang misalnya kita menganggap kalo a = 1. Catet dulu tuh.
  11. Karena a = b , maka b = 1 juga kan?
  12. Masukkan angka itu ke persamaan no 9 –> (1+1) +3 = 1 + 3
  13. 5 = 4

NAH LO!! 5 = 4 !!?

BERARTI 2 + 2 = 4. KARENA 4 = 5 , MAKA TERBUKTILAH BAHWA 2 + 2 = 5 !!

…masih gak percaya? Berikan komentarmu!


Seorang pemilik kambing ingin menjual kambingnya seharga Rp 75.000,00 melalui calo, kemudian si calo menawarkan kepada 3 orang pemuda, dan mereka tertarik untuk membeli kambingnya. Supaya adil, berarti masing-masing pemuda membayar Rp 25.000,00 kan? Setelah deal jadilah kambing itu dibeli, dan si calo mendapat komisi Rp 5.000,00. Oleh sicalo, komisi itu dibagikan ke 3 pemuda yang membeli kambing tadi masing-masing Rp 1.000,00. Sehingga ia hanya mendapat Rp 2.000,00. Betul??

Logikanya, pemuda tadi cuma membayar Rp 24.000,00 kan? (karena yang Rp 1.000 nya dibalikin lagi). Sedangkan Rp 24.000,00 x 3 = Rp 72.000,00. Jika ditambah uang yang di si calo, Rp 72.000 + Rp 2.000 = Rp 74.000. Bener juga kan?

Pertanyaannya, kemanakah uang yang Rp 1000???

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.